Aug 8, 2012

Tips Praktis Menghadapi Iri dan Dengki

by Leonardo Rimba Kedua on Thursday, August 9, 2012 at 10:02am ·

Penyakit nomor satu yg menghinggapi mereka yg mengaku orang spiritual di Indonesia adalah iri dan dengki. Iri hati atau keculasan ada dimana-mana, nampak jelas di mereka yg mengaku orang spiritual, bahkan di antara members Komunitas Spiritual Indonesia. Kalau sudah keterlaluan dan mengganggu suasana, maka mereka saya keluarkan. Kalau datang ke acara darat akan saya usir. Dunia ini cukup indah tanpa perlu ada iri hati dan keculasan. Kalau ada iri hati dan keculasan di diri anda, jangan diperlihatkan di hadapan saya. Saya tidak suka itu. Iri hati anda adalah milik anda, tidak perlu dipertontonkan di hadapan saya.

Anda semua bisa cerita tentang iri hati dan dengki di kalangan dekat anda. Tiba-tiba orang berubah karena anda berhasil. Itu penyakit umum, dan namanya iri hati dan dengki. Sangat marak di Indonesia. Bukan di kalangan orang spiritual saja, melainkan di semua kalangan. Oh (semua terjangkiti)

Saya sendiri tidak bisa merasa iri hati dan dengki terhadap orang lain. Mungkin ada yg belum tahu, saya mengadakan banyak acara darat yg menampilkan banyak teman. Seringkali saya sendiri tidak tampil. Dan itu ok saja buat saya. - Seperti acara besar kita yad, di akhir September, yg sekarang sedang digodog sebelum diumumkan. Saya sendiri tidak akan tampil sebagai pengisi acara utama di perhelatan itu, walaupun saya menjadi koordinatornya. Saya yg kerja, cari duit, terima pendaftaran, dlsb. Dan itu ok saja buat saya. Oh (tidak bisa merasa iri hati dan dengki)

Menurut pendapat saya, iri hati dan dengki merupakan penyakit akut paling mewabah di masyarakat Indonesia. Banyak penyakit fisik dan kejiwaan diakibatkan oleh iri hati dan dengki. Ini tidak saya bahas di dua buku saya Membuka Mata Ketiga dan Pelangiku Warna Ungu. Di dua buku itu saya cuma membahas tentang ikhlas dan pasrah. Pedahal di balik ikhlas dan pasrah ada satu lapisan yg harus di-manage, yaitu pelepasan iri dan dengki. Oh (harus dilepaskan semuanya baru bisa sembuh)

Salah satu kelebihan saya adalah membantu orang untuk ikhlas dan pasrah, dan sekarang saya kasih tahu rahasianya kepada anda, yaitu dengan cara melepaskan iri dan dengki. Ikhlas dan pasrah cuma bisa tercapai apabila anda tanpa beban. Tanpa dibebani oleh iri dan dengki. Oh (buka rahasia)

Kenapa harus iri dan dengki? Tidak tahukah anda, bahwa anda punya kelebihan juga. Orang lain punya kelebihan dari anda, anda juga punya kelebihan dari orang lain. Oh (bersyukurlah untuk apa yg anda punyai)

My friends, itulah alasannya kenapa saya selalu mendorong tiap orang untuk menjadi diri sendiri. Menerima diri sendiri, mensyukuri apa yg dimiliki, dan dari situ baru bertanya apa yg mau dilakukan dalam hidup ini. Banyak pilihan. Kalau mau dan siap menanggung konsekwensinya, ambillah, jalanilah. Oh (tanpa perlu iri dan dengki)

Ngapain membandingkan diri anda dengan orang lain? Bandingkanlah diri anda sekarang dengan diri anda sebelumnya. Apakah anda sekarang lebih bahagia, ataukah lebih sengsara. Dan kenapa?

-

Saya senang sekali kalau lihat anda berhasil. Makanya saya bingung melihat sebagian orang tiba-tiba berubah melihat nama saya melejit di blantika spiritual Indonesia. Tiba-tiba jadi sinis. Barulah beberapa saat lalu MK3 saya terbuka, dan muncullah kata ini: Oh (sirik tanda tak mampu)

Orang iri hati dan dengki bisa terlihat dari ucapan atau tulisannya. Anda tidak perlu pakai MK3. Cukup dirasakan saja. Kalau orang iri hati kepada anda, bahkan kentut anda akan dibahas, dan dikritik kenapa terlalu bau, kenapa kurang bau, kenapa baunya seperti itu, dlsb. Namanya juga iri hati, bahkan kentut anda pun termasuk bahan yg di-iri-hati-kan. Dikritik karena anda dianggap lebih darinya. Dan ingin dijatuhkan, antara lain melalui kritik kentut. Oh (kurang lebih begitu)

Friends, ikhlas dan pasrah adalah kata kunci di dalam buku Membuka Mata Ketiga dan Pelangiku Warna Ungu. Itu dua buku yg keluar dari komunitas kita. Ikhlas dan pasrah artinya legowo dalam bahasa Jawa. Atau berserah menurut istilah orang Kristen. Bukan berarti pasif dan diam saja seperti kambing dongo. Bukan seperti itu. Ikhlas pasrah menurut saya adalah aktif, fokus pada kesadaran, dan tidak usah perduli dengan segala macam iri hati. Biarlah orang iri hati, karena yg dirugikan cuma hati orang itu sendiri. Kalau orang iri hati kepada saya, saya tidak rugi apa pun. Asal tidak ditunjukkan di hadapan saya. Kalau dibawa ke hadapan saya, akan saya usir. Saya bukan tempat pelemparan energi negatif orang. Energi negatif dari orang iri hati haruslah dimakan oleh orang itu sendiri, dan tidak dilemparkan di tempat sembarangan. Oh (dilarang buang energi negatif disini)

Ikhlas dan pasrah artinya melepaskan segala-galanya, non attachment, tidak melekat kepada apapun. Secara emosional tidak terpengaruh. Tetapi bukan berarti masa bodoh dan melepaskan tanggung jawab. Bumi tetap berputar, dan apa yg harus dilakukan tetap harus dilakukan. - Kalau ada orang iri hati kepada saya, itu merupakan hak-nya. Asal demo iri hati itu tidak dilakukan di hadapan saya. Kalau di depan saya, akan saya usir. Itu saja sudah cukup. Kita tidak bisa mengatur hidup orang, yg bisa kita atur adalah hidup kita sendiri. Oh (tips praktis)

Iri hati dan dengki merupakan penyakit yg sangat umum, mungkin ini penyakit paling umum di masyarakat Indonesia. Cara menghadapinya cukup mudah, yaitu anda harus tegas. Tanpa ketegasan, anda hanya akan jadi tempat sampah. Tempat pelemparan energi negatif orang yg dengki kepada anda. So, anda harus bilang tidak kepada hal seperti itu. Kalau orang mau buang energi negatif, balikkan saja. Kembalikan itu energi negatif ke orangnya. Bilang saja dengan tegas, anda tidak perlu segala macam "nasehat" (dalam tanda kutip). Itu nasehat atawa kata-kata manis bersayap adalah energi negatif yg dilemparkan kepada anda. Balikkan. Bilang anda tidak perlu. Oh (tips praktis lagi)

Lebih baik tidak usah kenal dengan manusia yg menjadi parasit energi, daripada anda menjadi tempat pelemparan energi negatifnya, atau tempat dia menyedot energi positif karena dia tidak bisa memproduksi sendiri.

Bagus juga bila bisa mengarahkan orang untuk buang dia punya energi negatif langsung ke tanah. Tidak perlu lewat kita, tetapi langsung saja. Saya akan bilang, langsung buang saja you punya masalah ke tanah. Oh (dipersilahkan muntah sendiri)

Sebaiknya saya ringkaskan saja dalam satu kalimat, yaitu bantulah orang lain untuk membantu dirinya sendiri. Kalau orang iri hati kepada anda, bantulah orang itu untuk menikmati iri hatinya sebebas-bebasnya. Asal tidak dilakukan di hadapan anda.

Bisa juga dicoba bicara dari hati ke hati. Kalau tidak berhasil tidak perlu dicoba lagi. Satu kali sudah cukup. Oh (jangan jadi kebiasaan)

Kuncinya adalah fokus. Kalau anda fokus, anda akan bisa jalan terus, walaupun harus lewat comberans.

1 comment: